LIFE

Tips Menjaga Rumah Tetap Aman Selama Liburan






Oleh: Alisa Agustine



Liburan memang menjadi saat dimana selalu dinantikan oleh setiap orang untuk menghilangkan rasa penat akan rutinitas yang dijalani setiap harinya. Berlibur memang baik untuk anda. Namun tak jarang juga orang yang sudah merasa stress sebelum pergi berlibur . Salah satunya yaitu stress karena khawatir untuk meninggalkan rumah dalam waktu lama. Seperti dikutip dari modernmom.com, berikut tips agar rumah tetap aman selama liburan :




1. Meminta Bantuan Tetangga/ Teman
Cara terbaik untuk memastikan bahwa rumah Anda aman adalah dengan meminta teman terpercaya atau saudara ke rumah atau setidaknya datang setiap hari untuk memeriksa rumah anda. Anda harus memberikan kunci rumah kepadanya. Jangan lupa untuk memberikannya nomor kontak anda  jika terjadi keadaan darurat.



2. Menginformasikan Tetangga
Informasikan tetangga Anda tentang perjalanan Anda dan minta mereka untuk mengawasi rumah Anda, juga. Pastikan agar mereka tahu jika Anda memiliki teman atau saudara yang datang untuk mengecek keadaan rumah setiap harinya. Juga, beri mereka nomor info kontak Anda jika saja terjadi kasus mereka melihat sesuatu yang tidak beres.


3. Hentikan Pengiriman koran
Jika Anda tidak ada teman untuk mengunjungi rumah Anda setiap harinya dan bisa untuk mengambil koran, maka pastikan untuk menghubungi perusahaan koran dan minta mereka menghentikan pengiriman saat Anda tengah berlibur. Anda sama saja memberitahukan orang luar kalau Anda sedang tidak berada di rumah apabila  di depan rumah terdapat tumpukan koran tua di luar rumah Anda. Dan itu bisa memancing pencurian. Anda juga dapat menghubungi kantor pos untuk menahan surat Anda, jika Anda suka.


4. Aktifkan Timer untuk Lampu Anda
Ketika lampu dalam dan luar rumah anda menyala, itu memungkinkan orang untuk mengira bahwa di dalam rumah itu ada penghununya. Tapi, tentu saja, Anda tidak bisa menyalakan lampu terus menerus selama Anda pergi itu hanya membuang-buang biaya energi. Ide yang baik adalah untuk membeli timer lampu dan mengaktifkan mereka pada waktu- waktu yang diinginkan, untuk mengelabui bahwa ada orang di dalam rumah.


5. Memastikan bahwa seluruh Pintu dan Jendela Terkunci
Hal ini mungkin terdengar sepele tapi sering terlupakan. Jika Anda tidak memiliki kunci pengaman/ kunci ganda yang terpasang pada setiap pintu dan jendela, maka anda bisa membuatnya secara manual oleh anda sendiri. karena bagaimanapun, pengaman ganda akan lebih baik.


6. Matikan seluruh Elektronik
 matikan seluruh peralatan elektronik Anda, seperti TV, komputer, kulkas atau penanak nasi, tidak hanya dapat menghemat uang anda tetapi juga dapat menenangkan fikiran anda selama bepergian. tidak ada rasa khawatir akan terjadi sesuatu dirumah anda akibat barang elektronik yang ada di rumah.


7. Jangan beritahukan ke masyarakat umum
Cobalah untuk tidak mendiskusikan rencana liburan Anda di tempat umum karena Anda tidak pernah tahu  informasi tersebut dapat bocor keluar dan kepada siapa. Juga jangan mengumumkan rencana Anda melalui Facebook, Twitter atau blog pribadi Anda.



Bagaimanapun juga segalanya tergantung pada diri kita. Liburan akan menyenangkan apabila tidak ada beban fikiran yang dibawa saat berlibur. Oleh karena itu, persiapkan liburan anda secara maksimal agar mendapatkan kualitas liburan yang maksimal pula.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment