LIFE

Penting dan Tidaknya Akun Facebook

Di era globalisasi saat ini memang semakin banyak teknolgi yang berkembang. Mulai dari jaringan internet yang semakin mudah dijangkau serta terdapatnya situs-situs jejaring sosial, seperti facebook, twitter dan yahoo messenger. Banyaknya orang yang mempunyai akun di situs jejaring sosial, membuat Indonesia menjadi Negara ke-2 dengan pengguna facebook terbanyak didunia. Sebanyak 46 juta orang dan semakin bertambah pengguna situs jejaring sosial di setiap tahunnya.
Banyak dari pengguna beranggapan bahwa mempunyai akun dalam facebook atau twitter sangatlah penting karena itu adalah wadah komunikasi yang praktis, dan di dalamnya kita juga dapat menambah relasi dari berbagai macam Negara atau juga bisa dijadikan sebagai lahan bisnis online. Sebenarnya boleh-boleh saja menganggap penting untuk mempunyai akun di facebook, akan tetapi didalamnya juga terdapat nilai positif dan negatifnya. Dimana situs itu dapat merugikan penggunanya atau bahkan dapat menguntungkan. Jadi kita sebagai warga Negara yang baik bisa mem-filter apa saja yang ada di dalam situs jejaring itu.
Karena data yang dibuat untuk membuat akun tidak sepenuhnya data yang valid, selain itu budaya asing juga lebih cepat masuknya dan bisa mempengaruhi penggunanya dari dunia internet (maya) daripada di dunia nyata. Untuk membuat akun di facebook atau twitter data yang tadinya bersifat private sudah tidak ada lagi karena situs ini sudah masuk ke dalam ruang publik. Berbagai macam masyarakat Indonesia sudah menggunakan situs jejaring sosial seperti ini. Tetapi yang disayangkan adalah, ketika para pengguna jejaring sosial yang usianya masih di bawah umur 17 tahun, seperti siswa-siswi SMP bahkan SD juga telah memiliki akun di facebook dan ini yang membuat mereka semakin ketagihan akan kecanggihan internet.
Yang lebih memprihatinkan lagi adalah, ketika mereka merelakan uang sakunya dan tidak masuk sekolah hanya untuk pergi ke warnet. Dan di dalam warnet, mereka rela berlama-lama duduk di depan komputer, demi membuka facebook atau situs lainnya seperti game online. Padahal, mereka masih mempunya kewajiban menuntut ilmu di sekolah. Hal yang paling membahayakan adalah, ketika orang tua tidak mengawasi, bahkan memberi kebebasan kepada anak mereka saat bermain internet. Hal seperti inilah yang dapat memicu anak untuk membuka situs lain yang membahayakan seperti situs porno. 
Kecanggihan teknologi ternyata juga membawa berbagai macam dampak bagi para penggunanya. Contoh kejahatan yang sering terjadi di facebook adalah, penculikan, perampokan dengan berkedok sebagai online shop, bahkan pernah terdengar ada siswi SMP yang hilang selama seminggu karena berkenalan dengan pria melalui facebook. Hal ini lah yang seharusnya lebih diwaspadai lagi, karena data-data yang ada di facebook tidak sepenuhnya benar. Dari sisi negatif ini kita juga dapat melihat sisi positifnya seperti, kita para pengguna dapat menambah pertemanan, dari teman lama hingga ke berbagai macam Negara, selain itu di facebook atau twitter para pengguna juga bisa berbisnis dengan cara online, mulai dari bisnis hewan, baju dan pernak-perniknya, dan berbagai macam barang.
Selain nilai positif dan negative pada berbagai macam situs jejaring sosial, terdapat juga rasa kebersamaan dalam facebook. Seperti pada kasus Prita, di facebook terdapat akun yang tujuannya untuk mendukung Prita dengan cara mengumpulkan uang receh agar ia bisa keluar dari penjara. Selain itu juga pada berita Bibit-Candra, dimana orang-orang mendukung mereka dengan membuat akun di facebook. Beralih dari facebook dan twitter disini juga mempunyai andil dalam menonjolkan rasa kebersamaan antar manusia, yaitu ketika terjadi bencana di Indonesia. Banyak bantuan dari berbagai macam Negara dikarenakan mereka melihat informasi di twitter. Ternyata informasi yang selama ini tidak selalu dianggap penting, juga membawa dampak bagi orang yang membacanya bahkan di belahan dunia sekalipun, sehingga mereka mau membantu sesamanya.
 Mereka yang mempunyai akun di facebook atau situs jejaring sosial lainnya sudah menganggap bahwa facebook adalah bagian dari kebiasaan. Hanya sekedar update status saja mereka bisa melakukannya ketika bangun tidur atau ketika sedang di jalan. Berbagai macam kecanggihan teknologi ternyata juga masuk ke dalam handphone yang dari tahun ke tahun semakin bervariasi kecanggihannya. Di lain sisi pengguna facebook di handphone ternyata juga tidak selalu menggunakan facebook sebagai hal-hal yang tidak penting. Dengan kecanggihan teknologi, mereka bisa membagikan informasi pada siapa saja yang menurut mereka bahwa informasi itu dianggap penting.(alif)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment