LIFE

Jakarta Ibu Kota atau Ibu-nya Macet?

Jakarta oh Jakarta, mungkin orang-orang sudah terbiasa mendengar tentang kemacetan kota Jakarta. Khusus nya warga Jakarta sendiri yang hampir setiap hari menikmati keindahan kota Jakarta dengan kemacetan. Kemacetan kota Jakarta mungkin sangat sulit sekali di tanganin, khususnya oleh pemerintah. Kenapa? Karena menurut para pendapat masyarakat Jakarta, pemerintah hanya mengumbar-umbar janji dalam menangani kasus kemacetan yang kian hari kemacetan di kota Jakarta semakin parah.


Menurut kabar yang terdengar, kemacetan Jakarta di tahun 2011 ini jalan-jalan di Jakarta akan lumpuh total. Berita seperti ini sudah membuat masyarakat semakin kecewa, karena kota Jakarta adalah tempat dimana mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Tetapi untuk sampai ke kantor saja membutuhkan waktu yang cukup lama dan sangat menyita waktu. Pemimpin kota Jakarta seharusnya berani mengambil resiko dalam mengatasi kemacetan kota Jakarta.

Pembangunan infrastruktur dan kemauan pemimpin untuk melayani masyarakat menjadi prioritas pekerjaan pemerintah. Artinya pemerintah membangun sistem transportasi massa terpadu terlebih dahulu dengan meningkatkan pelayanan prima. Masyarakat akan bergerak dari kendaraan pribadi ke angkutan umum jika pelayanan memadai, menyangkut keamanan, kenyamanan dan ketepatan waktu. Selain itu, penggunaan kendaraan umum seperti bus trans Jakarta selamanya tidak akan menjadi efektif, jika pemerintah tidak berani mengurangi porsi kendaraan pribadi di jalan raya.

Pemerintah juga harus mengurangi tingkat penggunaan kendaraan bermotor dan pembuatan jalur khusus bagi kendaraan bermotor. Tetapi tidak hanya pemerintah saja yang harus berusaha mengurangi tingkat kemacetan kota Jakarta, masyarakat atau pengguna jalan juga harus berpartisipasi untuk mengurangi kemacetan kota Jakarta. Caranya mungkin bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana yang seharusnya sudah bisa menjadi kebiasaan masyarakat Jakarta sebagai pengguna jalan. Yaitu dengan mematuhi peraturan lalu lintas yang merupakan sebagian penyebab kemacetan kota Jakarta. (Alif Nurul Hidayah)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment