LIFE

Poconggg Idola Baru




Oleh : Alisa Agustine
Kalau mendengar kata pocong, pasti yang terfikirkan di benak kita adalah sesosok manusia tak bernyawa yang dibalut kain kafan berwarna putih dengan kepala, kaki dan tangan terikat. Sosok tersebut memiliki kesan menyeramkan, karena selain dikenal sebagai bentuk sebagaimana manusia telah tak bernyawa lagi, tapi kini wujud pocong diidentikan dengan sosok mahluk halus yang sangat menyeramkan, maka tak jarang beberapa film horror mengangkat cerita mengenai pocong.
Namun, kini sosok pocong tak hanya dikenal sosok mahluk halus yang menyeramkan. Malahan kini pocong menjadi idola banyak orang. Tanya kenapa? Ya, dunia twitter kini sedang ramai oleh kehadiran seorang pengguna akun yang bernama poconggg. Sebuah akun di twitter yang unik dan lucu, yang mempunyai follower (sampai ketika artikel ini ditulis) mencapai 160,196 orang.  Dan yang hebohnya, si Poconggg (ditulis dengan tripel G) ini tidak mem-follow satu orang pun. Entah karena dia belagu tidak mau mem-follow siapapun atau karena dia memang ingin membuktikan bahwa ia bisa terkenal dengan sendirinya tanpa harus berdiri “nangkring” pada sebuah nama atau seseorang yang sudah terkenal.
            Akunnya tersebut bisa  ditemukan di www.twitter.com/poconggg. Selain itu poconggg juga memiliki blog yang dimana blog tersebut bisa dibilang luar biasa. Mengapa dibilang luar biasa, karena hanya dalam waktu sehari sejak blog pertama kali dibuat, terdapat 37.000 pengunjung untuk melihat blognya. Dan sampai sekarang blog yang beralamatkan www.poconggg.com itu memiliki 2815 followers. Dan, beginilah komentarnya mengenai heboh blognya tersebut ”Bayangin, dalam 3 hari aja yang ngunjungin blog ini udah banyak bangeeeettt (tolong bayangin muka gue versi se-unyuu mungkin pas lagi baca kalimat yang ini). Hari pertama gue launching, yang ngunjungin blog ini 37.000an orang. Hari kedua, 6.000an orang. Dan hari ini, hari ketiga, 11.000an orang!”. Yang datang pun tak hanya dari Indonesia, pengunjung Blog nya juga banyak berdatangan dari luar negri. Itu dibuktikan dengan gambar yang ia ambil dari jumlah pengunjung berdasarkan wilayah, dimana setelah Indonesia, ada dari Kanada dan Amerika Serikat diurutan tertinggi selanjutnya.
Memang pertama kali poconggg dikenal lewat akun twitternya yang menggelitik sehingga banyak orang bersedia untuk jadi followers nya. Yang membuat akun twitter nya menarik yaitu kata- kata pada setiap kicauannya. Sangat lucu dan menggelitik sehingga tak heran setiap twitt nya menjadi TT karena saking banyaknya orang me-retweet kicauannya. Jangan salah, hanya dengan kata ”conggg” tweet tersebut bisa menjadi TT di twitter dan mengalahkan tweet justin bieber dan topik mengenai Irfan bachdim untuk jangan keluar dari timnas, di #stayherebachdim.
Tak hanya kata- kata pada setiap twitt nya yang menarik, tapi juga pada gambar dirinya di gambar profil twitter. Avatarnya sangat up-to-date dimana setiap ada event hari spesial tertentu dia pasti mengganti avatarnya sesuai dengan hari tersebut. Seperti misalnya, saat hari perayaan idul adha, di gambar dirinya yang berbentuk pocong, ia mengenakan baju koko. Ketika dunia dihebohkan mengenai Justin Bieber, ia pun mengganti gambarnya dengan wajah justin bieber dibalutan kain kafan bercorak warna hijau. Saat Hari natal, gambarnya bertemakan sinterklas, dan terakhir saat perayaan tahun baru kemarin, ia membuat avatarnya dengan memberikan warna pada bajunya (kafan) dan hiasan- hiasan disekelilingnya seperti terompet. Namun diluar hal itu, semuanya tidak ada maksud menyindir atau sebagainya, ia hanya bermaksud menghibur para followersnya.
Poconggg memaparkan dirinya di info twitternya dengan “A Paranormal and Ghost from Indonesia. This is Pocong’s Official Twitter Page. For fun, Follow me. No offense. | Contact Perconggg (yang dimana maksudnya adalah contact person) : almarhumpoconggg@yahoo.com |http://www.poconggg.com. dari situ bias dilihat, kekonyolan dari sang poconggg. Namun kini ada satu yang disebut- sebut sebagai saingan poconggg yang juga berkedok misterius yakni pengguna akun @terselubung.
Dunia twitter di Indonesia sempat dihebohkan oleh perseturuan antara @poconggg dengan @terselubung. Dimana terselubung menantang poconggg untuk bertaruh mengalahkan jumlah followers dari sherina munaf. Dan bagi yang kalah harus menunjukkan jati diri sebenarnaya dengan menunjukan wajah aslinya si pengguna. Awalnya poconggg menyetujui tantangan dari terselubung tersebut, namun entah mengapa akhirnya poconggg membatalkannya dengan mengeluarkan kicauan “Ralat tweet sblmnya: gw ga jd nrima tawaran @terselubung. Deal hrs dgn salaman& kyknya mustahil”.
Dan kini yang dinanti- nanti oleh para penggemar poconggg adalah launching buku yang telah dijanjikan dalam postingan blognya. Buku berjudul “MY NAME IS POCONGGG AND I’M NOT A TERRORIST! ”   ini diprediksi akan menjadi calon buku best seller, dilihat dari banyaknya orang yang menantikan keluarnya buku tersebut. Dan buku tersebut kabarnya tengah digarap oleh sang penulis yakni sang poconggg.
Kehebohan mengenai poconggg pun menarik perhatian salah satu stasiun radio swasta terkenal di Jakarta untuk mengundangnya hadir sebagai bintang tamu. Namun sampai saat ini belum ada orang yang tahu, siapa poconggg itu sebenarnya. Dan sampai kapan sosok poconggg akan dipertahankan. Ada banyak pendapat, bahwa poconggg itu adalah Raditya Dika, orang yang terkenal melalui tulisan di blognya. Perkiraan tersebut pun beralasan, karena dilihat dari gaya penulisan ada kemiripan antara poconggg dan Raditya Dika. Tapi sampai saat ini semua hal itu belum bisa dipastikan. Mengenai hal itu, poconggg pun berkicau di twitternya “@radityadika lucu ya dith ngeliat orang yang ngaku² punya bukti kalo lo itu gue :p”. Entah memang karena itu bukan dia, atau hanya untuk berpura- pura.
            Kita tunggu saja waktunya kapan diketahui wujud asli dari wujud poconggg yang misterius dan kharismatik itu. Dari sisi pocong tersebut banyak yang bisa diambil nilai lebihnya, bahwa ia bisa terkenal tanpa menebeng di nama orang lain, dan tulisan- tulisannya di setiap postingan blog ataupun kicauan twitter merupakan sesuatu hal yang kreatif dan inspiratif yang tidak semua orang bisa melakukannya. Dengan menyajikan warna baru dalam dunia menulis, diharapkan hal itu bisa membangkitkan semangat menulis di Indonesia yang dimana budaya menulis dan membaca masihlah sangat rendah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment