LIFE

Teluk Naga Dihantam Ombak Besar

SEBUAH rumah dari warga setempat, Ibu Mila, hancur 
dihantam ombak besar, di Teluk Naga, Tangerang,
Selasa (18/1). Ia bersama Ibu dan Anaknya kini harus
mengungsikan diri bersama korban lainnya.

Tangerang – Gelombang Tinggi menghantam puluhan rumah warga hingga menyebabkan permukiman nelayan tergenang air setinggi 30 hingga 50 sentimeter.

Beberapa nelayan yang tidak bisa melaut menghabiskan waktunya dengan menjaga perahu agar tidak bertabrakan satu sama lain. Ada juga nelayan yang memperbaiki jarring ikan serta memperbaiki dan mengecat perahu.
Petugas SPBN Tanjung Pasir Riman, mengatakan gelombang yang besarnya kira-kira empat meter terjadi pada pukul 04.00 WIB. Pondasi SPBN akhirnya jebol karena tidak lagi dapat menahan hantaman ombak selama berjam-jam. Menurutnya, hingga hari ini (rabu 19/1) SPBN tersebut tidak beroperasi. “Selain pondasi, mesin SPBN juga rusak,” Terangnya.
Dikatakan Riman, sudah beberapa hari ini gelombang besar belum juga reda dan para nelayan enggan melaut karena takut. Hal ini berimbas pada omset SPBN. “Nelayan takut melaut, jadinya yang beli bahan bakar makin berkurang,” ujarnya.
Karnadi, seorang nelayan menuturkan, selain pondasi SPBN jebol, puluhan permukiman nelayan di RW 02, Desa Tanjung Pasir tergenang air kira-kira 30 hingga 50 sentimeter. Air laut masuk ke permukiman warga karena tanggul penahan ombak jebol. “Setiap angin besar datang dari arah utara, air laut masuk ke permukiman warga,” ungkapnya.
Selain itu, sambung Karnadi, hujan disertai angin besar juga menghancurrkan dua kapal nelayan karena saling berbenturan. “Nelayan banyak yang rugi karena tidak melaut,” jelasnya.
Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Ciputat, Guswanto mengatakan, kecepatan angin pada saat itu mencapai 25 – 35 knots atau 50 – 68 Km/jam. Angin berkecepatan tinggi itu, sambungnya, akan melanda daratan Pulau Jawa termasuk Tangerang sampai April 2011. Guswanto menghimbau para nelayan untuk berhati-hati terhadap cuaca saat ini. Karena ada indikasi badai tropis vince, perbedaan tekanan udara jadi besar, sehingga angin bertiup kencang dan waktunya tidak bisa diprediksi. “Bisa pagi, siang atau malam. Tapi biasanya sesaat sebelum hujan turun,” tegasnya. (Vicky)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment